1. TABEL SWOT (KEKUATAN,
KELEMAHAN, PELUANG DAN ANCAMAN)
SDN ...................................
NO.
|
STRENGTH
(KEKUATAN)
|
WEAKNESS
(KELEMAHAN)
|
OPPORTUNITY
(PELUANG)
|
THREATS
(ANCAMAN)
|
1
|
Tenaga pendidik memiliki
kompetensi yang cukup
memadai (sebagian besar berpendidikan S1).
|
Kurangnya
tenaga administrasi sekolah. (tenaga perpustakaan)
|
Animo
masyarakat (orang tua/wali) untuk menyekolahkan anaknya tinggi.
|
Adanya sekolah lain yang
menjadi kompetitor.
|
2
|
Memiliki fasilitas gedung (sarana dan prasarana) yang
memadai.
|
Kurangnya buku-buku referensi/pegangan bagi guru
dan siswa.
|
Lingkungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan.
|
Minimnya
dukungan dan partisipasi wali murid terhadap program-program sekolah.
|
3
|
Dana
yang berasal dari BOS cukup memadai.
|
Motivasi
belajar siwa rendah.
|
Sarana olahraga (lapangan) yang dekat
dari sekolah.
|
Maraknya hiburan. (Internet, TV dan Games)
|
4
|
Letak
sekolah yang cukup strategis.
|
Rendahnya kesadaran
disiplin waktu bagi guru.
|
Adanya
dana bantuan bagi siswa miskin (BSM) yang cukup banyak.
|
Minimnya
pengawasan orang tua terhadap anaknya.
|
2. TABEL ANALISIS SWOT
(STRATEGI SO – WO – ST - WT) SDN ....................
NO.
|
STRATEGI
SO
|
STRATEGI
WO
|
STRATEGI
ST
|
STRATEGI
WT
|
1
|
Melalui
tenaga pendidik yang berkompetensi dan didukung oleh sarana olahraga
(lapangan) yang dekat dengan sekolah dapat dimanfaatkan untuk pencarian dan
pengembangan bakat siswa di bidang olahraga.
|
Menambah
tenaga administrasi (pustakawan) yang kompeten di bidangnya.
|
Menambah
kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah.
|
Memberikan
bea siswa bagi siswa berprestasi.
|
2
|
Lingkungan yang cukup tenang, jauh dari
kebisingan, ditambah fasilitas sarana dan
prasarana yang memadai dan guru yang berkompetensi dapat dimanfaatkan untuk
menempa peserta didik agar berprestasi di bidang akademis.
|
Guru
menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang inovatif dan bervariasi
untuk meningkatkan motivasi siswa.
|
Menciptakan
lingkungan sekolah yang bersih, nyaman dan menyenangkan.
|
Mengadakan
kegiatan outbond bagi siswa secara rutin setiap tengah semester.
|
3
|
Menjadi tuan rumah dalam kegiatan akademik maupun
non akademik (olahraga, pramuka, dll).
|
Mengadakan trainning soft
skill dan mentoring bagi guru.
|
Memberikan
hadiah bagi siswa berprestasi tiap kelas pada akhir semester.
|
Melengkapi buku-buku referensi/pegangan dan koleksi
buku perpustakaan, baik secara swadaya maupun pengajuan proposal ke Dinas
Pendidikan.
|
4
|
Melakukan
promosi ke Taman Kanak-kanak untuk mensosialisasikan sekolah dan menarik
siswa.
|
Melakukan monitoring
rutin terhadap kinerja seluruh guru dan karyawan.
|
Memberikan
penghargaan khusus bagi siswa yang berprestasi di bidang non akademik (piala,
piagam penghargaan, dsb).
|
Penataan ruang perpustakaan yang menarik yang
dilengkapi dengan fasilitas multimedia sehingga membuat siswa betah belajar
di perpustakaan.
|
5
|
Mengundang alumni yang telah sukses untuk
membantu pelaksanaan program sekolah.
|
|
|
Meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari
wali murid terhadap pendidikan anaknya dan program-program sekolah melalui
silaturahmi dan sosialisasi.
|
3. HASIL YANG DIHARAPKAN BERDASARKAN
ANALISIS SWOT
Berdasarkan analisis di atas diharapkan mencapai hasil seperti di
bawah ini:
Ø
Meningkatnya kualitas SDM pendidikan di SDN ...................
Ø
Meningkatnya semangat dan motivasi siswa SDN ................... untuk berprestasi.
Ø
Mengembalikan kepercayaan dan dukungan dari wali murid
dan masyarakat sekitar terhadap pendidikan dan
program-program sekolah ...................
Ø
Meningkatnya etos kerja yang jujur, ramah, disiplin,
dan bertanggungjawab bagi seluruh wargga sekolah.
No comments:
Post a Comment